• Buka : 07.00 - 22.00 WIB
  • inbox@kupibrowniesatjeh.com
  • 0651 - 8053215

Pahlawan yang Berasal Dari Aceh

Pahlawan adalah seorang yang berani dengan sepenuh jiwa raganya berjuang demi keadilan serta kebebasan demi menyatukan NKRI. Perjuangan para pahlawan tidak bisa dianggap sepele, karena tanpa kerja keras mereka hingga meninggal di medang perang, bangsa Indonesia tidak akan merdeka dan maju seperti sekarang.

Oleh karena itu, tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Mereka yang tersebar dari sabang sampai maruke pun, dikenang jasa-jasanya pada hari tersebut. Berikut nama-nama pahlawan yang berasal dari Aceh yang dirangkum oleh tim Kupi Brownies Atjeh :

Sultan Iskandar Muda

Sultan Iskandar Muda adalah Sultan yang paling besar dalam masa kesultanan Aceh, yang berkuasa dari tahun 1607 – 1636. Aceh mencapai kejayaan pada kepemimpinan Iskandar Muda, karena daerahnya semakin besar dan reputasi Internasional sebagai pusat perdagangan dan pembelajaran tentang islam.

Begitu besarnya kontribusi dirinya terhadap Negara terutama daerah Aceh, membuat namanya diabadikan pada Bandar Udara Internasional Aceh yang menggunakan namanya.

Cut Nyak Dhien

Tokoh pahlawan ini mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Aceh, setelah suaminya meninggal ia melanjutkan perjuangan suaminya dengan memimpin pasukan untuk melawan Belanda. Dan akhirnya ia wafat pada 9 November 1908.

Teuku Umar

Pahlawan satu ini terkenal dengan strategi griliyanya, ia melawan Belanda setelah ia mengumpulkan senjata dan uang yang sukup banyak. Sebelumnya ia berpura-pura bekerjasama dengan Belanda.

Teuku Umar dilahirkan di Meulaboh Aceh Barat pada tahun 1854. Ketika perang Aceh pada 1873, ia ikut serta berjuang bersama pejuang-pejuang aceh lainnya. Saat itu umurnya baru 19 tahun, perjuangannya pun tak sampai situ ia terus melawan serangan Belanda dan ia wafat pada tahun 1899.

Panglima Polem

Panglima Polem yang memiliki nama lengkap Teuku Panglima Polem Sri Muda Perkasa Muhammad Daud merupakan seorang panglima Aceh. Ia berjuang bersama Teuku Umar dengan berpura-pura menyerah dengan Belanda lalu menyerang belanda.

Itu dia sebagian para pahlawan yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah. Masih banyak lagi pahlawan yang berasal dari Aceh atau sering juga disebut dengan tanah rencong ini.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
WhatsApp chat