• Buka : 07.00 - 22.00 WIB
  • inbox@kupibrowniesatjeh.com
  • 0651 - 8053215

Oleh Oleh Khas Aceh yang Paling Dicari Wisatawan

Aceh yang dikenal dengan kota serambi Mekkah ini menyimpan sejuta alasan untuk mengunjunginya. Selain sebagai tapak tilas sebuah sejarah besar yang pernah terjadi disini. Kota aceh yang kental dengan aturan-aturan islam ini juga memiliki sejumlah kuliner yang khas, rasanya sayang jika tidak dicicipi atau pun membawanya sebagai oleh-oleh.

Jika kalian datang ke kota Aceh, jangan lupa mampir untuk membeli oleh-oleh khas Aceh yang sering diburu oleh wisatawan. Berikut oleh-oleh yang sering dicari oleh wisatawan :

1. Kembang goyang

Sumber : resepmakanandapurindonesia

Mungkin sebagian dari kalian pernah memakan camilan bertekstur renyah dan gurih ini. bentuknya menyerupai bunga ini biasanya sering ditemui saat berkunjung pada hari raya. Kembang goyang sangat dicari sebagai oleh-oleh khas dari Aceh.

2. Kopi Aceh

Bagi pencinta kopi nusantara, aceh merupakan kota yang tepat untuk kopi. Kopi Aceh yang dikenal dengan kopi Gayo Aceh  ini sangat terkenal kenikmatannya dikalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Selain kopi Gayo Aceh, kalian juga bisa mencoba kopi Ulee Kareng, kopi tarik, dan kopi robusta. Karena kopi-kopi tersebut memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

3. Kopiah Riman

Sumber : sinarpidie.co/Dicky Zulkarnen

Karena Aceh merupakan kota yang sangat kental akan aturan islam, maka tak heran kalau kopiah dijadikan oleh-oleh khas Aceh. Kopiah Riman terbuat dari bulu ijuk (enau) yang direndam selama beberapa hari agar bisa dibentuk. Untuk para lelaki wajib membeki kopiah ini karena unik.

4. Kupi Brownies Atjeh

Karena Aceh terkenal dengan kopinya, hal ini membuat kopi dapat dimanfaatkan sebagai oleh-oleh yang dapa dinikmati segala umur. Kupi brownies atjeh memiliki enam varian rasa yaitu, brownies kupi, cokelat original, cokelat pandan, kupi talas, kupi cheese, kupi tiramisu. Paduan cake brownies dengan kopi membuat aroma khas dan tentunya enak.

5. Kue Timphan

Sumber : steemkr.com

Kue Tradisional ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan dengan isian berupa pisang raja, labu, durian dan srikaya. Kue ini dibungkus dengan daun pisang, sehingga rasa dan aroma kue bertambah nikmat.

Tidak perlu khawatir jika ingin membawa kue ini sebagai  oleh-oleh, karena kue ini bertahan tiga hari.Kue ini dijual ditoko-toko kue tradisional yang ada di Aceh.

6. Kue Adee Mereudu

Sumber : busy.org

Salah satu kue tradisional Aceh ini sangat populer di daerah Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Kue ini terbuat dari tepung terigu, ubi, atau singkong. Kue Adee Mereudu ini memiliki aroma bawang goreng dan rasa manis dan gurih.

7. Kue Bhoi

Kue ini sangat populer di Aceh, bentuknya menyerupai ikan atau bunga ini memang sangat unik. Kue bhoi sering dijadikan hantaran saat hari pernikahan lho.. Cocok deh dijadikan oleh-oleh khas dari Aceh.

8. Kue Kekukarah

Sumber : kuekeringlengkap.blogspot.com

Kue keukarah atau empueng miriek adalah camilan ringan khas Aceh yang renyah dan manis, kue ini dibuat dari bahan tepung beras yang dicampur dengan gula pasir cair. Kue ini sangat cocok dinikmati sebagai teman ngeteh di sore hari.

9. Songket Aceh

Kalau kalian mencari salah satu kerajianan tangan khas Aceh, silakan beli songket aceh sebagai oleh-oleh khas yang berasal dari Desa Siem Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar. Songket selain bisa dipakai langsung juga bisa lho dijadikan hiasan dinding yang cantik.

Gimana, udah tahu nanti mau beli oleh-oleh apa saja saat di Aceh? Sedikit tips supaya nggak bingung, pilihlah barang atau makanan yang unisex agar dapat dinikmati semua kalangan. Dan jangan lupa beli untuk diri sendiri juga yaa sebagai kenangan.

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
WhatsApp chat