• Buka : 07.00 - 22.00 WIB
  • inbox@kupibrowniesatjeh.com
  • 0651 - 8053215

Museum Tsunami Menyimpan Sejuta Cerita

Aceh yang berada paling ujung pada pulau sumatera ini, memang terkenal dengan serambi mekkah. Pasalnya aceh merupakan kota yang menjunjung ajaran islam pada setiap kegiatan pemerintahan maupun masyarakatnya. Selain terkenal dengan adat dan istiadatnya yang kuat, aceh juga memiliki tempat-tempat wisata indah yang wajib dikunjungi.

Salah satunya adalah museum tsunami yang dibuat untuk mengenang tragedy tsunami pada tahun 2014 yang sempat mengguncangkan dunia. Sejak itu aceh mencoba bangkit kembali untuk menata kota mereka yang porak poranda, selain memperbaiki infrastruktur, juga membangun berbagai destinasi wisata yang menarik agar menghidupkan kota aceh lagi.

Museum tsunami ini dibangun pada tanggal 8 Mei 2009 yang dirancang oleh arsitektur Ridwan Kamil, dengan menghabiskan 140 miliar. Gedung ini terdiri dari empat lantai dengan luas 2.500 m². Museum ini dirancang agar wisatawan dapat merasakan kejadian tsunami Aceh, di dalamnya terdapat lima ruang tematik yang mempunyai pesan tersendiri.

Selain itu, juga terdapat nama-nama korban beserta keluarga di dinding salah satu ruangan terdalam museum. Selain sebagai tugu peringatan bagi korban tsunami, gedung ini juga berfungsi sebagai tempat berlindung dari bencana semacam ini dikemudian hari. Di dalamnya tedapat “bukit pengungsian” diperuntukkan untuk pengunjung jika terjadi tsunami lagi.

Buat kalian yang ke Aceh jangan melewatkan untuk singgah ke museum sejarah ini yaa, pulangnya jangan lupa mampir ke Kupi Brownies Atjeh yaa..

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
WhatsApp chat