• Buka : 07.00 - 22.00 WIB
  • inbox@kupibrowniesatjeh.com
  • 0651 - 8053215

14 Tahun Tsunami Berlalu, Trauma Itu Masih Ada

Tsunami yang terjadi 14 tahun lalu, pada 26 desember 2014 menjadi bencana tebesar di dunia. Gempa bumi terbesar ketiga yang pernah tercatat di seismograf dengan durasi patahan terpanjang sepanjang sejarah. Sangking dahsyatnya gempa ini menyebabkan planet bumi bergetar 1 sentimeter, gelombang tsunami di Aceh mencapai 30 meter.

Pada saat itu kota Aceh menjadi kota mati yang telah porak poranda, ribuaan warga kehilangan keluarga dan rumah mereka, ratusan fasilitas umum pun ikut rusak. Namun Aceh bangkit kembali dengan wajah dan semangat baru. Kota Aceh menjadi saksi bisu betapa kuatnya tsunami menyapu seluruhnya, hal inilah menjadi dasar dibangunnya museum tsunami, untuk mengajak para wisatawan merasakan apa yang pernah dirasakan oleh masyarakat Aceh pada waktu itu, selain itu disini juga terdapat ribuan nama-nama korban tsunami.

Tidak ada peringatan atau bahkan tanda-tanda tsunami akan datang pada masa itu. Tragedi ini menyisakan luka tersendiri bagi anak-anak Aceh. Ketakutan akan gelap dan kehilang kini menjadi bayang-bayang mereka hingga saat ini.

Trauma itu masih ada, mengenang 14 tahun tsunami sama seperti tahun-tahun sebelumnya, biasanya warga Aceh mendatangi pemakaman Ulee Lheu di Kecamatan Meuraksa, Banda Aceh untuk mengenang kerabat, anak, suami/istri,kakek/nenek mereka yang tewas diterjang tsunami. Sebanyak 14.500 dari 200 ribu korban tsunami dimakam massal disini.

14 tahun memang waktu yang cukup panjang sejak kejadian itu, namun masih meninggalkan goresan luka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Memang trauma itu masih ada, tetapi dengan kesigapan serta pengetahuan dalam keadaan darurat bencana yang diberikan oleh pemerintah diharapkan bisa meminimalisir kejadian itu terjadi kembali. Tetapi semua kembali pada sang pencipta yang memiliki kewenangan terhadap semua isi di muka bumi.

Kupi Browines Atjeh berdoa agar seluruh keluarga yang ditinggalkan dan juga masyarakat Aceh diberikan kekuatan serta dijauhkan dari segala kesusahan.

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
WhatsApp chat